Cara merawat pintu garasi lebih awet

Cara merawat pintu garasi lebih awet – Pintu garasi merupakan pintu yang sangat berguna sebagai tempat melindungi kendaraan anda dari terik matahari maupun hujan dan terutama dari segi keamanan menghindari pencurian kendaraan.

Pintu garasi juga memerlukan perawatan khusus untuk membuat kinerja pintu tetap maksimal dan optimal. nah berikut ini kami multi teknik solution memberikan beberapa tips untuk melakukan perawatan pada pintu garasi.

  1. Periksa roller dan track di pintu garasi, ingat kapan terakhir kali anda membersihkannya, jika sudah mulai berkarat atau aus, maka segera lakukan pembersihan dengan menyikat dan memberikan pelumas (oli atau chainlube). dan jika bantalan roll sudah aus harus segera mengganti dengan yang baru.
  2. Kencangkan baut atau sekrup supaya tidak mengalami copotnya atau jatuhnya komponen-komponen pintu garasi.
  3. Periksa kabel dan katrol pintu garasi apakah kondisinya masih bagus atau sudah aus/usang, maka perlu diganti dengan yang baru dan harus dengan tenaga profesional.
  4. Cek kondisi buka tutup pintu garasi, jika mengalami miring atau tidak seimbang saat buka dan tutup pintu tersebut. kemungkinan pegas sudah aus dan kehilangan ketahanannya. penggantian pegas harus dilakukan oleh teknik profesional.
  5. Jika pintu garasi otomatis cek pada mesin opener tersebut apakah kelistrikannya masih bagus atau tidak.

Untuk bahan pintu garasi sendiri ada beberapa jenis yang sering digunakan diantaranya kayu dan besi, disini kita akan membahas dua jenis bahan tersebut.

Cara merawat pintu garasi lebih awet
Cara merawat pintu garasi lebih awet
  • Pintu garasi kayu

Pintu garasi jenis ini kebanyakan digunakan untuk rumah-rumah dengan konsep tradisional, untuk pintu jenis kayu ini lebih murah dibandingan pintu jenis besi, dari segi waktu memang pintu garasi jenis ini tidak akan lebih panjang umur penggunaannya daripada besi karena jika lama kelamaan terpapar sinar panas matahari dan hujan jelas membuat pintu garasi kayu cepat rusak dan belum lagi gangguan dari rayap, namun pintu garasi kayu ini memiliki nilai lebih dalam hal tekstur seratnya yang bisa di tonjolkan supaya tampilah rumah menjadi lebih indah apalagi menggunakan jenis kayu seperti jati, kamper, meranti, nyatoh dll.

  • Pintu garasi besi

Pintu jenis ini sekarang menjadi salah satu pilihan selain dari bahan kayu dikarenakan pintu garasi dari bahan besi ini lebih awet dan tahan lama, perawatannya juga mudah banyak pilihan motif dan model yang bisa dipadupadankan dengan desain rumah yang akan dibuat, pintu garasi besi biasanya dipilih untuk rumah berkonsep minimalis modern tapi tidak lupa akan kebutuhan aslinya yaitu melindungi semua yang ada dalam ruang garasi.

Leave a Comment

WhatsApp Kontak Kami